Logo Bionature

Back

Product Knowledge Virgin Coconut Oil (Liquid)

virgin coconut oil

Tanaman kelapa (Cocos Nucifera) merupakan tanaman daerah tropis dan banyak tumbuh di kawasan pesisir. Negara Indonesia dikenal sebagai sentra tanaman kelapa dunia, yang memiliki areal perkebunan kelapa sekitar 3,74 juta hektar, hampir 96% merupakan perkebunan kelapa rakyat. Pengelolaannya masih bersifat subsisten, adopsi teknologi rendah dan harga jual kelapa yang rendah, sehingga kelapa belum dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan masyarakat petani kelapa di Indonesia. Dua daerah sentra kelapa di Indonesia adalah provinsi Sulawesi Utara dan Sumatera Barat.

VCO merupakan produk olahan dari daging kelapa dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mary Enig (2001) diketahui bahwa VCO sangat kaya dengan kandungan asam laurat (lauric acid) berkisar 50-70%. VCO diduga berpotensi sebagai antivirus dan antibakteri sehingga dapat digunakan untuk melawan virus HIV penyebab penyakit AIDS.

Asam laurat termasuk asam lemak jenuh rantai sedang yang mudah dimetabolis di dalam tubuh. Menurut Prof. Dr. Walujo Soerjohadibroto (Guru Besar Ilmu Gizi FKUI), konsumsi minyak kelapa dalam menu harian dalam jumlah wajar dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta tidak meningkatkan kolesterol jahat. Kenyataan ini mampu mematahkan pendapat negatif yang berkembang selama ini yang menyebutkan minyak kelapa merupakan pemicu penyakit jantung koroner dan pembuluh darah (atherosklerosis).

Penelitian Mary Enig juga menemukan bahwa VCO mengandung antioksidan alami. Karena itu ia menyarankan setiap orang dewasa mengkonsumsi VCO dalam menu makannya sehari-hari. Di dalam tubuh manusia, asam laurat akan diubah menjadi monolaurin. Monolaurin ini memiliki komposisi nutrisi setara dengan air susu ibu (ASI). Selain asam laurat, VCO juga mengandung asam kaprilik sebanyak 8% dan asam kaprik sebanyak 7% (Fife, 2001). Asam laurat pertama kali ditemukan oleh Profesor John Karbara, peneliti dari Departemen Kimia dan Farmakologi Universitas Michigan Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa asam laurat mampu membunuh jenis mikroba yang membran selnya terdiri dari asam lemak.

Asam lemak jenuh asal minyak kelapa tergolong asam lemak jenuh rantai sedang (MCFA) yang mudah dicerna, sedangkan asam lemak jenuh minyak hewani tergolong rantai karbon panjang (LCFA). LCFA merupakan penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol darah, penyebab kekentalan darah, tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit pembuluh darah (atherosklerosis), jantung koroner, stroke, diabetes, kegemukan (obesitas) dan kanker.

Komposisi:

  • 100% Minyak Kelapa Asli (Virgin Coconut Oil) / Cocos Nucifera

Manfaat:

  • Meningkatkan sistem metabolisme dan daya tahan tubuh serta stamina
  • Sebagai antivirus
  • Baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit mulai dari bayi hingga dewasa
  • Mencegah kerusakan gigi
  • Baik untuk ibu hamil dan menyusui
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit dan menghilangkan gatal-gatal
  • Mengurangi risiko terserang sakit jantung
  • Membantu mengendalikan diabetes
  • Membantu mencegah osteoporosis

Pilihan Varian:

  • 30 / 60 / 100 / 125 / 150 / 200 / 250 / 500 / 750 / 1000 ml

Pengen Buat Produk Herbal virgin coconut oil Dengan Brand Kamu Sendiri? Konsultasi Gratis Sekarang Juga!